JudulKUALITAS PELAYANAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT BANGKIR KECAMATAN DAMPAL SELATAN KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: ROSNAWATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rosnawati Nim B40121137 dengan judul “Kualitas pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli”di bawah bimbingan Bapak Nurhannis sebagai pembimbing I dan Bapak Yunus sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan puskesmas Bangkir Kecamatan Dampal Selatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari A.Parasuraman, Valerie A. Zeithaml, dan Leonard L.Berry (1988) dengan lima indikator yaitu Tangibels, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatanKualitatif dengan tipe penelitian Deskriptif. Teknik menentukan informan menggunakan teknik purposive dengan informan lima orang. Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode analisis data melalui tahap Pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukandi Puskesmas Bangkir Kecamatan Dampal Selatan dari lima indikator yang digunakan dalam penelitian ini belum cukup optimal dikarenakan masih kurangnya tenaga medis (dokter gigi dan dokter umum), perlu perbaikan infrastruktur, perlu adanya penambahan sarana yaitu alat medis, obat-obatan,kipas angin/AC, kursi tunggu pasien, serta pembangunan infrastruktur bangunan fisik puskesmas seperti. tempat parkir motor/mobil untuk kenyamanan pengunjung puskesmas bangkir. Kata Kunci:Pelayanan,Kesehatan,Masyarakat,Tangibels,Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empati. |