Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pendaftaran Merek Industri Kecil Menengah Di Kota Palu
Nama: ELFIRA
Tahun: 2025
Abstrak
Elfira., Nomor Stambuk B40121092, Judul ?Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pendaftaran Merek Industri Kecil Menengah di Kota Palu?. Dibawah bimbingan Bapak H. Irwan Waris selaku pembimbing I dan Ibu Rusmawaty Bte Rusdin, selaku pembimbing II. Dalam mendorong pendaftaran merek industri kecil menengah di Kota Palu strategi pemerintah daerah berperan penting terhadap peningkatan jumlah pelaku usaha yang mendaftarkan merek dagangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah dalam mendorong pendaftaran merek industri kecil menengah di Kota Palu. Teori yang digunakan adalah teori strategi pemerintah menurut Geoff Mulgan yang menekankan pada lima aspek yaitu tujuan, lingkungan, pengarahan, tindakan, dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi dengan sembilan informan. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah belum memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan jumlah pendaftar merek dagang. Kegiatan yang dilakukan secara berkala tersebut belum dapat menjangkau seluruh pelaku usaha indsutri kecil menengah secara menyeluruh. Hal itulah yang menyebabkan masih banyak pelaku usaha yang tidak mengetahui mengenai pendaftaran merek, manfaat pendaftaran merek, prosedur pendaftaran merek, serta minimnya rasa ingin tahu menjadi faktor pengahambat utama. Oleh karena itu, penting bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah meningkatkan efektivitas penyampaian informasi secara menyeluruh agar strategi yang dijalankan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendaftaran merek industri kecil di Kota Palu. Kata kunci : strategi, pemerintah daerah, merek dagang, industri kecil menengah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up