Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH KOTA PALU DALAM PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DI PASAR LASOANI KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Nama: RYAN FERNANDO TAMBEO
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Ryan Fernando Tambeo, B40121048 Judul Skripsi: “PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH KOTA PALU DALAM PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DI PASAR LASOANI KOTA PALU KECAMATAN MANTIKULORE”. Dibimbing oleh Bapak Darwis sebagai Pembimbing I dan Bapak Harianto A. Lamading sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengawasan Pemerintah Daerah Kota Palu Dalam Pengelolaan retribusi Parkir di Pasar Lasoani. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori dari Robbins and Coulter dengan memiliki empat aspek yaitu Menetapkan standar, Pengukuran, Perbandingan, dan Melakukan tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini informan yang dipilih adalah informan yang dengan sengaja dipilih oleh peneliti karena di pandang memahami masalah yang diteliti, untuk informan yang dipilih berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa Pengawasan Pemerintah Daerah Kota Palu Dalam Pengelolaan Retribusi Parkir di Pasar Lasoani belum berjalan secara efektif karena yang pertama menetapkan standar, Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diterapkan untuk mengatur pengelolaan parkir, syarat untuk menjadi juru parkir harus memiliki surat izin dari Pemerintah dan mengenakan fasilitas berupa rompi, karcis parkir, dan tanda pengenal, namun dalam pelaksanaannya belum optimal karena dilapangan masih terdapat juru parkir yang belum terdata dan juru parkir tidak menggunakan fasilitas yang telah diberikan Pemerintah. Kedua Pengukuran, Pemerintah telah melakukan Pembinaan kepada juru parkir tetapi belum merata dilakukan. Ketiga Perbandingan, pelayanan yang diberikan juru parkir di sebagian titik sudah baik namun disebagian titik belum memberikan pelayanan yang baik. Keempat Melakukan tindakan, implementasi kebijakan belum berjalan efektif karena lemahnya pengawasan dan kurangnya ketegasan dari Pemerintah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan parkir di Pasar Lasoani membutuhkan perbaikan dalam hal pengawasan dan perlunya ketegasan dari pemerintah dalam menerapkan kebijakan. Kata Kunci: Menetapkan Standar, Pengukuran, Perbandingan, dan Melakukan Tindakan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up