JudulPELAYANAN PUBLIK PADA PASIEN INKLUSIF BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNDATA KOTA PALU |
Nama: CITRA MAHARANI A.HILI |
Tahun: 2025 |
Abstrak CITRA MAHARANI A.HILI, Nomor Stambuk B 401 21 027, judul : “Pelayanan Publik Pada Pasien Inklusif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Kota Palu” di bawah bimbingan bapak Muhammad Arief sebagai pembimbing I dan bapak Harianto A. Lamading sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyediaan layanan terhadap pasien inklusif khususnya masyarakat lanjut usia, oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Kota Palu. Fokus utama penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien lanjut usia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 4 orang, yang terdiri dari Staf kepegawaian bagian Tol A Lima dan pasien lanjut usia. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan Parasuraman, Zeitmahl, dan Berry (2011), yang meliputi konsep berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan inklusif pada pasien BPJS kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Kota Palu ini sudah cukup baik, Namun tentunya masih banyak hal-hal yang perlu di perbaiki serta ditingkatkan lagi agar mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat dan menciptakan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan apa yang di cita-citakan. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pasien Inklusif, BPJS Kesehatan, Lanjut Usia, Kota Palu |