Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) PADA DINAS KEPENDUDUKAN & PENCATATAN SIPIL KOTA PALU
Nama: SULFIANI
Tahun: 2025
Abstrak
Sulfiani, 2025, B 401 20 314, “Kualitas Pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) Pada Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kotas Palu” di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Irwan Waris., M.Si dan Bapak Sisrilnaldi, S.IP., M.A. Penelitian ini mengkaji kualitas pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Penelitian ini menggunakan dasar dan acuan pelayanan pada lima dimensi yakni berwujud (Tangibel), kehandalan (Realiability), jaminan (assurance), ketanggapan (daya tanggap), dan perhatian (empathy). Hasil wawancara menunjukkan bahwa Dukcapil Kota Palu untuk mewujudkan kualitas pelayanan identitas kependudukan digital (IKD) berusaha menerapkan lima dimensi dan hasil pelaksanaan menunjukkan tanggapan masyarakat yang sangat baik. Ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dapat terwujud. Hasil penelitian Secara keseluruhan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu telah berhasil memberikan pelayanan yang berkualitas, dengan memperhatikan berbagai aspek penting yang berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Namun, ada beberapa area yang masih dapat ditingkatkan, terutama dalam hal peningkatan kemampuan teknis petugas dan optimalisasi penggunaan teknologi dalam pelayanan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up