Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKOMUNIKASI POLITIK WALIKOTA PALU PERIODE 2020-2024 DALAM MEMBANGUN CITRA POLITIKNYA MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KOTA PALU
Nama: JUMHUR
Tahun: 2024
Abstrak
Jumhur, B40120274, 2024, Komunikasi Politik Walikota Palu Periode 2020-2024 Dalam Membangun Citra Politiknya Melalui Media Sosial Tiktok di Kota Palu. Skripsi. Program Studi Ilmu Pemerintahan. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Bapak Darwis dan Bapak Angga Pradana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan sumber pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik Walikota Palu melalui TikTok dengan menggunakan teori Marketing Politik oleh Firmanzah (2007) yang dikenal 4Ps yakni Product, Price, Place, Promotion, dan Segmentasi.. Fokus penelitian adalah bagaimana TikTok digunakan sebagai alat komunikasi politik dalam membangun citra politik Walikota Palu dan efektivitasnya dalam menjangkau masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Product: Program kerja dan kebijakan dipromosikan secara menarik, namun terdapat kesenjangan antara konten dan realitas dilapangan ; (2) Price: Kepercayaan masyarakat meningkat melalui interaksi di TikTok. (3) Place: Distribusi pesan melalui TikTok efektif, namun kurang menjangkau masyarakat di daerah terpencil; (4) Promotion: Promosi di Tiktok telah membangun citra positif, tetapi terlalu fokus pada pencitraan karena berkaitan isi konten yang tidak substansial; (5) Segmentation: Komunikasi lebih berhasil di kalangan muda, namun segmen lain kurang terlayani. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi politik Walikota Palu melalui TikTok menunjukkan adanya upaya pencitraan politik yang kuat dalam mempengaruhi persepsi publik. Pencitraan tersebut tidak sepenuhnya mencerminkan realitas kebijakan dan realitas di lapangan, serta kurangnya keterlibatan masyarakat yang tidak menggunakan internet dan masyarakat dengan akses teknologi terbatas. Kata Kunci: Komunikasi politik, Marketing Politik, Tiktok, Walikota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up