JudulStrategi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Avo Dalam Penyaluran Air Bersih Di Kota Palu |
Nama: ANDI MUJIBUL RAHMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Andi Mujibul Rahman Nomor Stambuk B 401 20 145, dengan judul skripsi “Strategi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Avo Dalam Penyaluran Air Bersih Di Kota Palu” dibimbing oleh Bapak M. Nur Alamsyah, dan bapak Muhammad Arief. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Perumdam Avo dalam penyaluran air bersih di Kota Palu. Dalam penulisannya, penelitian ini menggunakan teori Fred R David (2011:06) tentang strategi yang membagi menjadi 3 tahapan, yaitu formulasi, implementasi, serta evaluasi. Penerapan strategi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mastarakat Kota Palu dalam hak atas air. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan dan menjelaskan secara kelas objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan strategi dilakukan Perumdam Avo Kota Palu dengan cara turun langsung ke lapangan untuk mengidentifikasi faktor eksternal perusahaan seperti pengklasifikasian golongan rumah tangga masyarakat yang akan berpengaruh terhadap penetapan tarif penggunaan air. Selain itu juga Perumdam Avo akan melakukan pengembangan penyaluran dengan memanfaatkan SPAM Regional Oveta dan SPAM Poboya, namun dalam pengembangan penyaluran tersebut belum dibahas secara detail karena kedua SPAM tersebut belum siap beroprasi untuk saat ini sehingga dapat dikatakan bahwa perumusan strategi sudah berjalan dengan baik. Implementasi strategi penggiliran dilakukan karena keterbatasan air yang dimiliki. Jumlah air tersebut tidak sebanding dengan kebutuhan air masyarakat Kota Palu yang berlangganan dengan Perumdam Avo. Selain itu, faktor cuaca juga sangat mempengaruhi keberhasilan implementasi penggiliran. Seperti pada saat hujan yang terkadang membuat sungai produksi mengalami banjir dan seringkali mengakibatkan pipa distribusi air terputus. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus oleh Pemerintah Daerah ataupun pihak lainnya yang berwenang atas permasalahan tersebut. Dapat dikatakan bahwa implementasi strategi penggiliran yang dilakukan belum berjalan dengan baik serta strategi tersebut tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat. Selanjutnya evaluasi strategi yang dilakukan Perumdam Avo meliputi penilaian kinerja karyawan sehingga Perumdam Avo bisa melakukan penyaluran secara maksimal dengan keterbatasan air yang dimiliki. Namun berdasarkan hasil penelitian di lapangan, minimnya tindakan korektif dari Perumdam Avo dalam mengatasi keluhan masyarakat seperti pada bagian administrasi atau nilai tagihan yang dianggap tidak sesuai dengan penggunaan air masyarakat sehari-hari. Sehingga dapat dikatakan bahwa bentuk evaluasi yang dilakukan tidak berjalan dengan baik. Kata Kunci: Strategi, Air bersih, Pelayanan, Perusahaan Umum Daerah, Penyaluran. |