JudulKUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH CATATAN SIPIL DI KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA |
Nama: SUKESI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sukesi, Stambuk B 401 20 120, Judul “KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH CATATAN SIPIL DI KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA”. Di bawah bimbingan Muh. Nawawi selaku pembimbing I dan Yunus selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pada bidang Kependudukan di Kantor UPTD Capil Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala yang menggunakan teori dari Zeithaml, Parasuraman dan Berry (dalam Venny Meilyta & Lilis Suryani, 2021) dengan lima dimensi yaitu tangible (bukti langsung), relialibility (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminana), emphaty (empati). Penelitian ini dilakukan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Catatan Sipil Kecamatan Sojol, yang Dimana informan dalam penelitian ini adalah Kepala UPTD Catatan Sipil, Operator UPTD, serta beberapa masyarakat yang menerima pelayanan pembuatan KTP-el. teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada bidang kependudukan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Catatan Sipil Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala dapat dikatakan belum terlaksana dengan baik, karena masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pada tingkat kebersihan yang harus selalu dijaga dan juga pada kelengkapan fasilitas tempat duduk yang harus ditambah serta kecepatan pelayanan yang perlu di optimalkan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan KTP-el, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. |