Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTATA KELOLA PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA KOMBO KECAMATAN DAMPAL SELATAN KABUPATEN TOLITOLI
Nama: ANDIKA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini mengenai Tata Kelola Penyedian Air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Kombo Kec .Dampal Selatan Kab. Toli-Toli. Desa Kombo merupakan salah satu desa yang menjadisasaran program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Desa kombo merupakan desa yang berada dipinggiran pantai dan memiliki permasalahan air bersih, sehingga program PAMSIMAS menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi persoalan ketersediaan airbersih di Desa Kombo. PAMSIMAS merupakan program vital yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa, sehingga diperlukan peran pemerintahdan masayakat dalam pelaksanaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk menggali informasi terkait tata kelola Pamsimas berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governace (GCG) untuk menunjang keberlanjutan program Pamsimasdanketersediaan air bersih dansanitasi di Desa Kombo. Penelitian mengunanakan metode penelitian deskrtiftip kulitatif atau penelitian lapangan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini akan di analisis dengan menggunakan prinsip- prinsip Good Corporate Governance (GCG) terkait tata kelola program PAMSIMAS Desa Kombo. Good Corporate Governance (GCG) yang megacu pada prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, indenpendensi, dan kesetaraan dan kewajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola programPAMSIMAS Desa Kombo berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, indenpendensi, kesetaraan dan kewajaran tidak berjalan secara optimal. Seperti kurangnya transparansi mengenai anggaran dan iformasi dalam pelaksanaan, serta kurangnyatanggungjawabdalampemeliharaansaranadan prasanra Pamsimas sehingga banyak kerusakan pada perpiaan dan bak penanmpungan. Kurangnya komunikas diantara berbagai pihak sehinggatidak ditemukan kinernja yang berkesinambungan. Kurangnya sikap kemandirian para pengelola Pamsimas sehingga sangat mudah untuk terpengaruh dengan kepentingan-kepentinga pribadi. Akhirnya pelayanan air bersih dan sanitasi yang tidak merata kepada seluruh masayarakat Desa Kombo dan tentunya jauh dari prinsip kesetaraandan kewajaran. KataKunci:TataKelola ProgramPamsimasDesaKombo

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up