Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSMART GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PALU
Nama: ANISA
Tahun: 2024
Abstrak
Anisa, Nomor Stambuk B40120061, Judul : “Smart Governance Dalam Pelayanan Publik Di Kota Palu” dibawah bimbingan bapak Hassanudin sebagai Pembimbing utama dan bapak Irwansyah Kamindang sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan smart governance dalam pelayanan publik di Kota Palu pada Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu di kota Palu. Penelitian ini menggunakan teori Smart Governance menurut Cohen melalui 3 indikator yakni online service, infrastructure, dan open government. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian terkait smart governance dalam pelayanan publik Kota Palu berdasarkan teori smart governance menurut cohen (2014) dalam (Santoso & Rahmadanita, 2020) Melalui aspek online service belum optimal adanya kendala pada sistem pelayanan online terjadi pada sinyal/eror antara data dan IT yang ada, yang akan berdampak negatif pada efisiensi pelayanan di Dinas PTSP. Pada aspek infrastuktur bagian teknologi belum optimal dengan terbuktinya Dinas PTSP tidak akan melakukan upgrade sistem melainkan mereka melakukan maintenance (pemeliharaan/perbaikan) dalam 3 bulan sekali.. Pada aspek open government, belum optimal adanya kendala pada pencapaian untuk mendapatkan sertifikat zona integritas yang menunjukan tantangan dalam transparansi dan akuntabilitas. Kata Kunci : Smart Governance, Pelayanan Publik, Kota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up