JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS MAMBORO KECAMATAN PALU UTARA KOTA PALU |
Nama: RAFIQA SALSABILA AZZAHRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK RAFIQA SALSABILA AZZAHRA, Nomor Stambuk B 401 19 237, Judul: “Kualitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu”, dibawah bimbingan Bapak Nurhannis sebagai pembimbing I dan Bapak Muhammad Rapi sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan selama masa pandemi Covid-19 tahun 2021 di Puskesmas Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di masa Pandemi Covid-19 tahun 2021 di Puskesmas Mamboro, kecamatan Palu Utara, kota Palu, dilihat dari semua dimensi dalam mengukur kualitas pelayanan sebagaimana dikemukakan oleh Parasuraman dkk, 1988 (Komarudi dkk., 2022) mencakup Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphathy dapat disimpulkan sudah berjalan dengan baik. Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Mamboro pada masa Pandemi Covid-19 tahun 2021 menunjukkan kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan kesehatan cukup tinggi dan positif. Selain itu, peningkatan kualitas pelayanan oleh petugas Puskesmas Mamboro dapat dicapai karena mampu memahami dan memenuhi harapan pasien dalam setiap dimensi tersebut, sehingga menciptakan nilai penting dalam pelayanan kesehatan yang lebih baik. Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphathy. |