Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA
Nama: MILA RAHMAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nama Mila Rahmawati Stambuk B40119232 judul skripsi “ Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di UPTD Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. “ Dibimbing oleh Ibu Sitti Chaeriah Ahsan, Selaku Pembimbing I dan Bapak Syamsul Bahri, Selaku pembimbig II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari Kualitas Pelayanan Dalam Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala (Pembuatan Akta Kelahiran) . Teori ini menggunakan teori Idup Suhady (2000:26) yang terdiri dari 4 Indikator yaitu : Tepat, Cepat, Murah, dan Ramah. Tipe Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif yaitu memprioritaskan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat dalam pengumpulan data dan data yang terkumpul digunakan sebagai alat baku dalam kondisi empiris yang bertujuan untuk penelitian pada lokasi yang diteliti. Teknik pengumpulan dan data. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumupulan data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka kualitas pelayanan di (UPTD) Kependudukan dan Penacatatan Sipil Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala sudah cukup baik, meskipun pada proses pelayanan yang diberikan masih terjadi beberapa masalah terkait dengan kualitas pelayanan pembuatan Akta Kelahiran menjadi lambat dan tidak sesuai dengan standar waktu penyelesainnya yang dikarenakan oleh beberapa kendala yaitu adanya berkas persyaratan dari masyarakat yang tidak lengkap hingga diserahkan kembali untuk dilengkapi hal itu membuat waktu proses penyelesaian Akta Kelahiran mejadi lambat, koneksi jaringan yang tidak stabil. Artinya dalam pembuatan Akta Kelahiran dalam sistem Online harus digunakan koneski jaringan yang baik dan kendala berikutnya yaitu Staff operator pelayanan di Kantor Dinas Pusat yang tidak ada di tempat. Namun pada dasarnya (UPTD) Kependudukan dan Penacatatan Sipil Kecamatan Sindue Tobata sudah berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Sedangkan pada aspek Tepat, Murah, dan Ramah telah terlaksana dengan baik. Kata Kunci : Tepat, Cepat, Murah, dan Ramah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up