JudulKINERJA APARATUR SIPIL DI KANTOR DINAS SOSIAL KOTA PALU |
Nama: BULANDARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Bulandari, stambuk Nomor, B 401 19 167, dengan judul “Kinerja Aparatur Sipil di Kantor Dinas Sosial Kota Palu” Dibawah bimbingan Bapak Moh. Zain Samsiah Dg Masaki, selaku pembimbing I dan Ibu Sulfitri Husain, selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Aparatur Sipil di Kantor Dinas Sosial Kota Palu. Dalam melaksanakan tugasnya, penelitian ini di lakukan di Kantor Dinas Sosial Kota Palu JL. Bantilan No. 25 Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan menggunakan Teori Kinerja Agus Dwiyanto (2006) yang meliputi 5 (lima) indikator untuk mengukur Kinerja Aparatur Sipil yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responbilitas, dan Akuntabilias. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dan Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan dokumentasi dengan informan sebanyak 5 orang teknik pemilihan menggunakan teknik Purposive yaitu Kepala Dinas, Sub Kepegawaian dan Umum, Sub Bagian Perencanaan dan Program serta 2 Masyarakat yang ada di Kota Palu teknik pemilihan menggunakan teknik purposive dengan metode penelitian deskriptif. Hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa informan yang terkait dengan penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja Aparatur Sipil di Kantor Dinas Sosial Kota Palu telah, melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik tetapi belum maksimal. Berdasarkan penelitian dari kelima aspek tersebut sudah terlaksana dengan baik tetapi belum maksimal terkhusus dalam aspek produktivitas (Non fisik) dalam hal perilaku aparat mengenai kedisiplinan waktu kerja yang masih kurang baik karena masih ada beberapa aparat yang datang kekantor tidak tepat waktu. Kata Kunci : Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responbilitas, dan Akuntabilitas |