JudulKINERJA BALAI BESAR TAMAN NASIONAL KEPULAUAN TOGEAN PADA OBJEK WISATA PULAU TOGEAN |
Nama: AFRI FAHMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Afri fahmi, Nomor Stambuk B401 19 121, Judul : Kinerja Balai Besar Taman Nasional Kepulauan Togean Pada Objek Wisata Pulau Togean”. Dibimbing oleh ibu Dr.Sitti Chaeriah Ahsan, Selaku pembimbing I dan ibu Sulfitri Husain selaku pembimbing II. Berdasarkan judul tersebut maka Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Balai Besar Taman Nasional Kepulauan Togean pada objek wisata Pulau Togean. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Agus Dwiyanto sebagai kerangka teoritis. Terdapat lima indikator yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, produktivitas, dan akuntabilitas. Studi ini melibatkan 5 informan yang dipilih secara purposive, yaitu mereka yang memiliki pemahaman yang baik terhadap masalah yang diteliti. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang ada di Pulau Togean masih kurang memadai, dengan fasilitas yang belum berfungsi dengan baik. Namun, responsivitas dalam menyusun program Balai Besar telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, meskipun terdapat kendala finansial. Tanggung jawab dalam mempromosikan Taman Nasional Kepulauan Togean kepada masyarakat lokal dan turis asing juga telah berjalan dengan baik, dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pengunjung. Selain itu, program yang dilakukan telah mencapai tujuan dengan peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Responsivitas, Responsibilitas, Produktiviras, Akuntabilitas. |