Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: SAFA TASYA
Tahun: 2022
Abstrak
Safa Tasya, Stambuk B401 18 286, Judul “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong” Di Bimbing oleh Muh Nawawi Sebagai pembimbing I dan Rusmawaty Bte Rusdin Sebagai pembimbing ke II. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong khususnya mengenai pelayanan pengurusan dokumen kependudukan. Teori yang di gunakan sebagai pijakan analisis adalah teori kinerja dari Agus Dwiyanto, yang terdiri dari produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif Dalam penelitian ini pemilihan informan diambil secara purposive sebanyak 5 orang dimana peneliti secara sengaja memilih orang-orang yang di pandang memahami masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di tarik kesimpulan bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong, dilihat dari kelima indikator yang mempengaruhi Kinerja yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas belum berjalan dengan baik. Karena ada satu indikator yang belum efektif yaitu indikator kualitas layanan. Hal ini dikarenakan sumberdaya manusia yang tidak mencukupi karena Kabupaten Parigi Moutong merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar di Sulawesi Tengah yaitu 491.493 jiwa. Dengan jumlah staf hanya sekitar 40 orang, yang harus melayani sekitar 23 kecamatan setiap harinya, serta peralatan yang tidak cukup sehingga pelayanan pengurusan administrasi terhambat. Kata Kunci : Produktivitas, Kualitas layanan, Responsivitas, Rsponsibilitas, dan Akuntabilitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up