Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA PELAYANAN PUBLIK DI DESA LIMBORO KECAMATAN BANAWA TENGAH KABUPATEN DONGGALA
Nama: FIRDA YUNANCY. TOAR
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Firda Yunancy Toar, B 401 18 258. Kinerja Pelayanan Publik di Desa Limboro Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala dibimbing Mahfuzat dan M. Yunus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan publik di Desa Limboro Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala. Penerapan pelayanan publik Di Desa Limboro masih kurang memuaskan bagi masyarakat, seperti layanan yang berbelit-belit, belum adanya transparansi biaya pelayanan, jadwal pelayanan yang tidak pasti Perangkat Desa Limboro masih kurang optimal bekerja dalam memenuhi kepentingan publik. Tipe penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi data reduction, data display, data collection dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yaitu penerapan pelayanan kepada masyarakat Desa Limboro sudah sesuai dengan prosedur yang ada, hanya saja beberapa masyarakat tidak membawa dokumen persyaratan. Namun, terdapat beberapa sarana dan prasarana yang masih kurang, seperti komputer/laptop dan printer yang sudah rusak. Respon Perangkat Desa Limboro sudah cukup baik, karena tanggap dengan keluhan masyarakat. Perangkat Desa Limboro telah bekerja dengan niat dan keseriusan dan bertanggungjawab atas tugas masing-masing. Untuk menghasilkan kinerja pelayanan yang baik harus mampu menciptakan suatu sistem koordinasi antara pihak Pemerintah Desa dengan masyarakat. Sehingga, peranan pemipin harus tegas dan para pegawai wajib diberikan reward atau penghargaan dari pimpinan. Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Reponsibilitas dan Akuntabilitas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up