JudulKualitas Pelayanan Di Puskesmas Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: NIZAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nizar, Nomor stambuk B 401 18 228 dengan judul “Kualitas Pelayanan di Puskesmas Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong” yang dibimbing oleh Bapak Hasbullah sebagai pembimbing I dan Bapak Irwansyah Kamindang sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong, dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Taliziduhu Ndraha dengan aspek Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Data yang telah terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode dsekriptif kualitatif dengan informan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayana di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong, dari ke empat aspek yang digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian bahwa pelayanan di Puskesmas Kecamatan Tomini dapat dikatakan belum maksimal meskipun kemudahan dan keadilan sudah baik dalam lingkungan masyarakat akan tetapi, kecepatan pelayanan kesehatan belum sesuai dengan apa yang diharapakan masyarakat, karena sebagian masyarakat berpendapat dalam kecepatan pelayanannya masih kurang cepat, terutama masalah ketepatan masih kurang maksimal sehingga masih ada masyarakat yang masih kurang puas dengan ketepatan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Kecamatan Tomini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan |