Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Penacatatn Sipil Kabupaten Donggala
Nama: AFDALIA
Tahun: 2022
Abstrak
Afdalia B 401 18 198. Dengan Judul “Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Donggala”. Dibimbing oleh bapak Moh. Zain Syamsiah, selaku pembimbing I dan ibu Rusmawaty BTE Rusdin, selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan Teori Taliziduhu Ndaraha yang meliputi 4(Empat) indikator yang dapat memberikan Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Donggala yang dijadikan acuan dalam penelitian ini terdiri dari Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan. Tipe penelitian yang digunakan adalah Kualitatif, Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang berupaya mengungkapkan suatu masalah dan keadaanya sebagaimana adanya, untuk peneliti dibatasi hanya pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepustakaan, Wawancara dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 (Lima) orang yaitu Kabid, Kasi Sistem Informasi Administrasi, dan Masyarakat pengguna layanan 3 Orang. Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data dan Penarikan Kesimpulan. Peneliti menggunakan Studi Kasus untuk memperoleh Data Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kasus yang sedang muncul saat ini adalah masih dianggap lamanya mekanisme pembuatan KTP ini oleh beberapa kalangan masyarakat yang notabene diwajibkan taat peraturan dengan harus memiliki KTP, serta telah memakan waktu dan tenaga serta biaya dan ketidakjelasan sehingga harus bolak-balik mengecek KTP apakah sudah jadi atau belum. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemberian pelayanan masih belum optimalnya dan terdapat sejumlah aspek yang perlu diperbaiki. Kata Kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up