JudulKUALITAS PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MOROWALI UTARA |
Nama: TIKA SRIYATI DAMANTU |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tika Sriyati Damantu, Stambuk B 401 18 192, Judul : Kualitas Pelayanan Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara. Pembimbing I Sitti Chaeriah Ahsan, dan Pembimbing II Nastainuddin Bolong. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara, tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Pelayanan yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara dalam hal ini pelayanan Sertifikat Tanah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif-kualitatif. Dalam penelitian ini untuk menentukan informan menggunakan metode purposive. Di mana peneliti secara sengaja memilih orang-orang yang di pandang memahami masalah yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teori dari Ndraha yang menyatakan ada empat aspek yang menentukan kualitas pelayanan. Adapun keempat aspek tersebut adalah kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang yaitu terdiri dari dua pejabat kantor dan tiga orang masyarakat penerima layanan sertifikat tanah. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan penelitian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Pelayanan Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara belum maksimal. Hal ini dapat ditinjau dari empat aspek, dimana dua aspek sudah berjalan dengan baik yaitu aspek ketepatan dan keadilan dan dua aspek yang belum berjalan dengan baik yaitu aspek kecepatan dan kemudahan. Aspek ketepatan dan aspek keadilan sudah berjalan dengan baik dilihat dari hasil penelitian bahwa pegawai di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara sudah datang tepat waktu, mampu merespon cepat keluhan masyarakat serta tidak memilih-milih dalam memberikan pelayanan. Sementara aspek kecepatan dan kemudahan belum berjalan dengan baik dilihat dari hasil penelitian bahwa waktu penyelesaian pengurusan sertifikat tanah masih belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta persyaratan pengurusannya berbelit-belit. Dalam mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara menambah jumlah sumber daya aparatnya dan mempermudah pengurusan sertifkat tanah. Kata Kunci : Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Keadilan, Kemudahan. |