JudulPELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANGGAI |
Nama: SYAHRUL MAPPASAU |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Syahrul Mappasau B 401 18 183 Dengan Judul Skripsi “Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banggai” Dibimbing oleh Ibu Sitti Chaeriah Ahsan selaku Pembimbing I dan Bapak Moh. Zain Syamsiah selaku Pembimbing II. Kualitas pelayanan publik merupakan hasil interksi dari berbagai aspek, yakni sistem pelayanan, sumber daya manusia pemberi layanan, strategi, dan customers. Sistem pelayanan publik yang baik akan menghasilkan kualtias pelayanan publik yang baik pula. Suatu sitem yang baik akan memberikan prosedur pelayanan yang berstandar memberikan mekanisme kontrol di dalam dirinya. Dengan demikian segalah bentuk penyimpangan yang terjadi akan mudah diketahui. Sistem pelayanan harus sesuai dengan kebutuhan customers. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kulitatif, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti manggunakan teori dari Taliziduhu Ndraha, dimana ada empat indikator yang digunkan untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu kecepatan, ketetapan, kemudahan, dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, peneliti menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banggai masih kurang baik, dari empat aspek kualitas pelayanan yaitu kecepatan, ketetapan, kemudahan dan vii keadilan. Pelayanan yang di berikan oleh poegawai masih lambat dan belum maksimal. Hal ini di karenakan masih banyaknya masyarakat yang mengeluhkan sistem pelayanan yang mereka dapatkan terkait dengan berkas kependudukan. |