Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRESPONSIVITAS PEMERINTAH DESA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DESA TAYAWA KECAMATAN TOJO KABUPATEN TOJO UNA-UNA
Nama: RAHMAT HIDAYATULLAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Deri A.B Pasau B 401 18 146. Dengan judul “ Responsivitas Pemerintah Desa Terhadap Pelayanan Publik Desa Tayawa Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-Una ” Dibimbing oleh Bapak Dr. Hasbullah, M.Si selaku pembimbing utama dan Bapak Drs. Isbon Pageno, M.Si Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Respon Pemerintah Desa Tayawa Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-Una dalam melakukan tugasnya mengenai pelaksanaan pembangunan. Penelitian ini menggunakan teori Zeithaml ddk dalam Hardiyansyah yang meliputi 5 ( lima ) indikator pengukur Respon penyedia pelayanan atau Aparatur Desa, yaitu : Merespon Setiap Masyarakat, Kecepatan pelayanan, Ketepatan Pelayanan, Kecermatan Pelayanan, dan Kemampuan Menanggapi Keluhan. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan yang digunakan dalam penelitian berjumlah 4 ( empat ) Orang, yaitu : Kepala Desa Tayawa, Sekretaris Desa Tayawa, Kepala Seksi Pelayanan, dan Tokoh Masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui informan disertai dengan pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan Responsivitas Pemerintah Desa Terhadap Pelayanan Publik Desa Tayawa Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-Una sudah berjalan cukup baik namun belum maksimal. Hal ini terlihat dari pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan oleh aparat pemerintah Desa tidak berjalan dengan baik, karena tidak sesuai dengan perencanaan atas pelaksanaan program-program kegiatan karena faktor kompetensi sumber daya manusia yang tidak memadai sehingga ini yang menjadi faktor utama dalam mempengaruhi pelaksanaan pembangunan pada Desa Tayawa berjalan kurang maksimal. Kata Kunci : Merespon Setiap Masyarkat, Kecepatan Pelayanan, Ketepatan Pelayanan, Kecermatan Pelayanan dan Kemampuan Menanggapi Keluhan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up