JudulKualitas Pelayanan Masyarakat Pengguna Kartu Indonesia Sehat Di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore |
Nama: INDRAWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Indrawan (B 401 18 122) dengan judul “Kualitas Pelayanan Masyarakat Pengguna Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore”. Dibimbing oleh Asrifai (Pembimbing 1) dan Sulfitri Husain (Pembimbing 2). Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Masyarakat pengguna Kartu Indonesia di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan Sulastiyono (2011: 35-36) dimana ada lima aspek yang digunakan yaitu Kehandalan (Reability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan/Kepastian (Assurance), Kepedulian (Empathy), dan Bukti nyata (Tangibles). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dasar penelitian kualitatif, dengan tipe pendekatan penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa, Kualitas Pelayanan Masyarakat Pengguna Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore masih ada yang harus diperbaiki dan perlu ditingkatkan, jika dilihat dari keseluruhan proses pelayanan yang diberikan, serta kelima aspek penilaian, yang menjadi permasalahannya terdapat pada dua aspek yaitu Responsiveness atau daya tanggap terkait dengan kemampuan pelayanan pegawai puskesmas kepada pengguna KIS yang terkesan biasa-biasa saja, dan aspek Tangibles atau bukti nyata terkait dengan jumlah fasilitas tempat duduk yang disediakan terbatas atau kurang. Dari kedua aspek tersebut perlu di tingkatkan untuk kualitas pelayanan yang baik. Dari aspek lainnya Kehandalan (Reability), Jaminan/Kepastian (Assurance), dan Kepedulian (Empathy) sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan/Kepastian, Kepedulian dan Bukti Nyata |