Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI KOTA PALU
Nama: NOLDI
Tahun: 2025
Abstrak
Noldi, Stambuk B 401 18 101 dengan judul Skripsi : “Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kota Palu”, dibimbing oleh Sasterio selaku pembimbing I dan Isbon Pageno selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota palu dalam pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Deskriptif sendiri mengacu pada suatu upaya untuk mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, untuk itu peneliti dibatasi hanya mengungkapkan fakta-fakta dan tidak menggunakan hipotesa. Sedangkan pendekatan kualitatif ialah untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya secara umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Adapun pihak yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini sebanyak 6 orang, yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil serta Masyarakat. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, antara lain pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndaraha (2003), yang mana menjelaskan bahwa terdapat empat indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, yaitu : kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dapat disimpulkan bahwa Pada indikator kecepatan terlihat bahwa dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota palu dalam pembuatan E-KTP selalu memberikan pelayanan secara cepat tanpa menunda-nunda waktu. Pada indikator ketepatan terlihat bahwa dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota palu mengacu pada standar pelayanan dan aturan yang berlaku serta seluruh pegawai memberikan respon yang baik jika masyarakat membutuhkan pelayanan. Pada indikator keadilan terlihat bahwa pelayanan diberikan secara adil tanpa memandang status sosial serta tingkat ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat tertentu. Namun pada indikator kemudahan belum berjalan dengan baik disebabkan oleh aturan yang mewajibkan adanya persyaratan yang harus disediakan hanya mepersulit masyarakat dalam mengurus E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Kata kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up