Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS ANUTOLUWU KECAMATAN PETASIA BARAT KABUPATEN MOROWALI UTARA
Nama: JELLYA AGUSTINA LAGEBADA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Jellya Agustina Lagebada (B 401 18 082), “Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Anutoluwu, Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali Utara”. ( dibimbing oleh H. Irwan Waris dan Yunus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas Anutoluwu, kecamatan Petasia Barat, abupaten Morowali Utara. Tipe penelitian ini deskriptif sedangkan dasar penelitian bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Dalam penelitian ini pemilihan informan diambil secara purposive, yaitu peneliti secara sengaja akan memilih orang-orang yang dipandang memahami masalah yang di teliti. Pada penelitian ini menggunakan 5 indikator yaitu : Bukti Langsung (Tangibles), Kehandalan (Reability), Daya Tanggap (Rerponsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Anutoluwu Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara yang diukur dengan menggunakan 5 indikator sudah berjalan cukup baik. Daya tanggap (Responsiveness), Kehandalan (Reability) dan empati (empathy) sudah terlaksana dengan baik. Sedangkan dua indikator lainnya yang belum berjalan dengan baik yaitu bukti langsung (tangibles) dengan masalah bangunan puskesmas serta juga fasilitas saranan prasarannya yang masih belum memadai untuk menunjang proses pelayanan, serta cara berpakaian beberapa pegawai masih belum rapih, dan indikator jaminan (assurance) belum berjalan dengan baik terkait dengan masalah beberapa pegawai yang masih kurang dalam memberikan senyuman kepada pasien sehingga pasien kurang nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up