JudulKUALITAS PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RESIKO DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: ASWANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ASWANDI, Nomor Stambuk B 401 18 079 : “Kualitas pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu” dibawah bimbingan Pak Nurhannis sebagai pembimbing 1 dan ibu Sulfitri Husain sebagai pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan berusaha berbasis resiko di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu dengan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Zeithaml,Parasuraman dan Berry dkk (Hardiansyah 2011:46) Meliputi lima indikator yaitu Tangibles, Realibility, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik menentukan informan menggunakan teknik purposive, dengan informan sebanyak delapan orang. Selain itu, dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang dimiliki Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu dikategorikan baik pada empat indikator yaitu Reliability, Responseveness, Assurance, dan Empathy, sedangkan dalam kategori tidak baik ada pada indikator Tangibles. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tangibles, Realibility, Responseveness, Assurance, Empathy. |