Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKualitas Pelayanan Di Pusat Kesehatan Masyarakat PKM Dondo Kecamatan Dondo Kabupaten Toli-Toli
Nama: ABDUL AZIZ AMRI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Abdul Aziz Amri (B401 18 070), “Kualitas Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Dondo, Kecamatan Dondo, Kabupaten Toli-Toli” (dibimbing oleh Hasanuddin Mustari dan Syamsul Bahri) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Dondo,Kecamatan Dondo Kabupaten Toli-Toli. Tipe Penelitian ini adalah Deskriptif sedangkan dasar penelitian bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah berjumlah 7 orang. Dalam penelitian ini pemilihan informan diambil secura purposive, yaltu peneliti secara sengaja akan memilih orang-orang yang dipandang memahami masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini rnenggunakan teori (Zeithhaml, Parasuraman dan Berry (dalam Hardiansyah 2011:46) dimana ada lima indikator yang digunakan dalam mengukur Kualitas Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Dondo ,Kecamatan Dondo Kabupaten Toli-Toli kelima indikator tersebut adalah Bukti langsung (Tangibles), Kehandalan (Reabilily), Daya tanggap (Responsiveness), Jamiman (Assurance) dan Empati (Emphaty). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Dondo, Kecamatan dondo Kabupaten Toli-Toli masih kurang maksimal. Dilihat dari keseluruhan proses pelayanan kesehatan yang diberikan berdasarkan mutu Pelayanan Kesehatan serta kelima indikator penilalan kesehatan, yang menjadi permasalahannya terdapat pada dua indikator yaitu Reability atau Kehandalan terkait dengan Jumlah Tenaga Medis khususnya dokter yang masih kurang dan indikator Assurance atau Jaminan terkait dengan masalah keramahan beberapa pegawai Puskesmas dalam melayani pasien yang berkunjung, tentunya hal ini sanggat berpengaruh untuk melihat keberhasilan Kualitas Pelayanan di Pusskesmas. sementara dari indikator Bukti Langsung (tangible), Daya tanggap (Responsiveness,), dan Empati (Ernphaty) sudah berjalan cukup baik. Kata Kunci : Pelayanan dan Kualitas (Bukti Langsung, Kehandalan. Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) ABSTRACT Abdul Aziz Amri (B401 18 070), “Service Quality at the Dondo Community Health Center, Dondo District, Toli-Toli Regency” (supervised by Hasanuddin Mustari and Syamsul Bahri.) This study aims to determine the quality of service at the Dondo Health Center, Dondo District, Toli-Toli Regency. This type of research is descriptive, while the basic research is qualitative. Data collection techniques used in the form of observation, documentation and interviews. There were 7 informants in this study. In this study, the selection of informants was carried out purposively, namely by deliberately choosing people who were seen to see the problem under study. In this study using the theory (Zeithhaml, Parasuraman and Berry (in Hardiansyah 2011:46) where there are five indicators used to measure service quality at the Dondo Health Center, Dondo District, Toli-Toli Regency, the five indicators are direct Tangibles, Reabilily, Responsiveness, Assurance and Empathy. vii Based on the results obtained, it can be concluded that the quality of service at the Dondo Community Health Center, Dondo District, Toli-Toli Regency is still not optimal. Judging from the overall process of health services provided based on the quality of Health Services and the five indicators of health assessment, the problem is in two indicators, namely Reability or Reliability related to the Number of Medical Workers, especially doctors who are still lacking and the Assurance indicator related to the problem of friendliness of some employees. Puskesmas in serving patients who visit, of course this is very influential to see the success of the quality of service at the Puskesmas. while the indicators of Tangible, Responsiveness, and Empathy have been running quite well. . Keywords: Service and Quality (Direct Evidence, Reliability. Power Responsiveness, Assurance and Empathy).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up