JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BALAESANG, KABUPATEN DONGGALA (Studi Tentang Pelayanan E-KTP) |
Nama: SORAYA PUTRI YAKUB |
Tahun: 2023 |
Abstrak SORAYA PUTRI YAKUB B40118017, “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala (studi tentang pelayanan e-KTP)”. Dibimbing oleh Hartawan sebagai pembimbing utama dan Irwansyah Kamindang sebagai pembimbing pendamping. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala (studi tentang pelayanan administrasi kependudukan e-KTP). Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive. Data yang terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan data kemudian dianalisis dengan metode kualitatif yang didasarkan analisis model Milles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari 3 tahap yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini menggunakan teori dari Talidzuhu Ndraha dengan 4 aspek yaitu Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan e-KTP di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Catatan Sipil (Capil) Kecamatan Balaesang, dari keempat aspek yaitu, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan antara lain belum adanya standar operasional prosedur (SOP) yang jelas, seperti tidak adanya standar waktu pelayanan, minimnya biaya operasional dan adanya diskriminatif (terjadi pungutan liar) dengan mendahulukan masyarakat yang membayar lebih agar cepat dalam proses penyelesaian layanan e-KTP. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik dan E-KTP |