JudulKUALITAS PELAYAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT PEMBANTU DESA SIPI KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: ASFIYAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK ASFIYAH B. 40117 306 Judul “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pembantu Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala” Di bawah bimbingan Dr Nurhannis M.Si selaku konsultan I, dan Drs Nastainuddin Bolong M.Si selaku konsultan II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pembantu Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi, dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data dari Miles Huberman 2007. Sedangkan teknik penentuan informan dilakukan secara Purposive. Teori yang digunakan dalam menganalisi data yakni Teori dari Zethaml Parasuraman at al.[2000] Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada puskesmas pembantu Desa Sipi yang dianalisis dengan menggunakan kualitas pelayanan dari Parasuraman at al yakni Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Dari kelima dimensi tersebut tidak memenuhi harapan yang ideal, hanya saja terdapat dimensi yang dinilai baik dalam penanganan pasien adalah dimensi Empathy. Artinya ukuran secara kolektif dari kelima dimensi penilaian kualitas pelayanan Puskesmas Pembantu Desa Sipi yang diberikan kepada masyarakat khusunya pasien, maupun masyarakat pada umumnya dalam mengurus surat keterangan dari pihak Puskesmas pembantu secara keseluruhan dari dimensi kualitas pelayanan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan dan diharapkan masyarakat yang ada pada Desa Sipi Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy |