JudulKINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA SIPI KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: TASDIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK TASDIN; B. 401 17303. Judul “Kinerja Pemerintah Desa Sipi Dalam Pelayanan Publik” Di bimbingan oleh Dr Andi Pasinringi. M,Si.pembimbing Utama, dan Moh .Rapi. S.Sos, M.Si. pembimbing pembantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kinerja Pemerintah Desa Sipi Dalam Pelayanan Publik” di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Dasar dan tipe penelitian ini adalah Kualitatif sedangkan tipe penelitian adalah Deskriptif Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi, dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data dari Miles Huberman 2007. Sedangkan teknik penentuan informan dilakukan secara Purposive. Teori yang digunakan dalam menganalisis data yakni Teori dari Agus Dwiyanto Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kinerja pegawai dikantor Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala dinilai masih kurang baik ,dan peneliti melihat bahwa ada tiga aspek kinerja yang sudah berjalan dengan cukup baik dan lebih menonjol dari kelima aspek kinerja yang dijadikan acuan dalam penelitian ini, aspek tersebut ialah produktivitas, responsibilitas akuntabilitas hal ini dikarenakan para pegawai kantor Desa Sip sudah mampu menghasilkan berbagai palayanan administrasi dalam jumlah besar , yang dimana produk pelayanan tersebut sangat membantu masyarakat serta akuntabilitas adalah membantu aparat desa atau kelembagaan desa dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah khususnya pemerintah Desa Sipi. Kata Kunci: yaitu produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas serta akuntabiltas. |