Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu
Nama: BELLA SAVIRA MAULIDYA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Bella Savira Maulidya, B 401 17 293. Dengan Judul Penelitian yaitu “Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu (Studi Pada Pelayanan Kartu Keluarga)”. Dibimbing oleh Bapak Nurhannis dan Bapak H. Nastainuddin Bolong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan administrasi kependudukan dari aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Dalam penelitian ini, tipe dan dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian adalah masyarakat atau pengguna layanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu yang ditetapkan sebanyak 4 orang informan dan Aparatur Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu sebanyak 3 orang, sehingga total informan keseluruhan adalah berjumah 7 orang informan. Teknik penarikan informan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu purposive. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa; 1) Bukti langsung megenai fasilitas pelayanan belum memadai dalam memberikan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. 2) Kehandalan pegawai di Kantor Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu mengenai kedisiplinan pegawai masih kurang. Kemudian dalam pembuatan e-KTP masih kurang melakukan sosialisasi terkait prosedur pelayanan dan persyaratan administratif. 3) Daya tanggap dari pegawai terlihat adanya komunikasi antara pegawai dengan masyarakat sebagai pengguna layanan. 4) Jaminan kualitas biaya pelayanan gratis berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Sedangkan jaminan kepastian ketepatan waktu belum sesuai dengan harapan masyarakat. 5) Empati petugas sudah menunjukkan upaya meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan dalam proses pelayanan. Kata Kunci: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati ABSTRACT Bella Savira Maulidya, B 401 17 293. With the title of the study, namely "Population Administration Services at the Palu City Population and Civil Registration Office (Study on Family Card Services)". Supervised by Mr. Nurhannis dan Mr. H. Nastainuddin Bolong. The purpose of this study was to determine population administration services from the aspects of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy at the Office of Population and Civil Registration of Palu City. In this study, the type and basis of the research used is descriptive research. The informants in the study were the public or service users at the Office of Population and Civil Registration of Palu City, which were set as 4 informants and the apparatus of the Office of Population and Civil Registration of Palu City as many as 3 people, so that the total number of informants was 7 informants. Informant withdrawal technique used in this study, namely purposive. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis method. The results of the research that have been carried out show that; 1) Direct evidence regarding service facilities has not been sufficient in providing quality public services to the community. 2) The reliability of employees at the Population Administration and Civil Registration Office of Palu City regarding employee discipline is still lacking. Then in making e-KTP, there is still not enough socialization related to service procedures and administrative requirements. 3) Responsiveness of employees can be seen from communication between employees and the community as service users. 4) The quality assurance of the free service charge runs in accordance with the expectations of the community. Meanwhile, the guarantee of timeliness has not met the expectations of the community. 5) Empathy of officers has shown efforts to improve service quality, namely by giving a pleasant impression in the service process. Keywords: Physical Evidence, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up