JudulEFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SANGURARA KECAMATAN TATANGA KOTA PALU |
Nama: DIAH FADLIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Diah fadlia Nomor Stambuk B 401 17 278 Judul Skripsi Efektivitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Sangurara, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, dibawah bimbingan Sitti Chaeriah Ahsan dan Isbon Pageno. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangurara, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif, tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini ditentukan secara purposive, dengan ketetapan jumlah informan yaitu sebanyak 4 (empat) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teori Gibson, dengan 5 (lima) indikator untuk mengukur efektivitas yaitu Produktivitas, Efisiensi, Kepuasan, Keunggulan dan Pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangurara, Kecamatan Tatanga, Kota Palu dari indikator (i) Produktivitas, berada pada kategori efektif; (ii) Efisiensi, berada pada kategori efektif; (iii) Kepuasan, berada pada kategori efektif; (iv) Keunggulan, berada pada kategori efektif; (v) Pengembangan, berada pada kategori belum efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 4 (empat) indikator yang diteliti yaitu produktivitas, efisiensi, kepuasan dan keunggulan, menunujukkan hasil bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Sangurara berada pada kategori efektif, yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Akan tetapi, pada indikator pengembangan, terbilang belum efektif. Hal ini disebabkan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi pelayanan bagi masyarakat yang belum maksimal. Sehingga, perlu adanya pelaksanaan evaluasi pada indikator pengembangan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kata Kunci: Efektifitas, Produktivitas, Efisiensi, Kepuasan, Keunggulan, dan Pengembangan. |