Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA PASCA BENCANA DI KOTA PALU
Nama: NUR'ANA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nur’ana, Stambuk B 401 17 265 Kinerja Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Pasca Bencana Di Kota Palu. Pembimbing Utama Nurhamni dan Pembimbing Kedua Sulfitri Husein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Dinas Pariwisata dalam pengembangan destinasi pariwisata pasca bencana di Kota Palu, metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah trigulasi sumber. Pemilihan informasi dilakukan dengan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan teori Agus Dwiyanto yang memiliki lima aspek dalam kinerja pegembangan pariwisata yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa kinerja Dinas Pariwisata dalam pengembangan destinasi pariwisata pasca bencana di Kota Palu belum optimal, dapat dilihat pada aspek-aspek dalam penelitian, yaitu pada aspek Produktivitas, hal ini tersebut karena masih perlu adanya gagasan-gagasan baru yang dapat menunjang perkembangan pariwisata Kota Palu. Karena seperti yang kita ketahui bersama, gagasan atau ide baru itu justru sebagai penunjang utama perkembangan sebuah kepariwisataan. Kedua pada aspek Kualitas Layanan yang diberikan Dinas Pariwisata juga belum berjalan dengan baik, karena masih banyaknya kualitas pelayanan yang begitu kurang, dan masih banyak fasilitas yang belum tersedia. Selanjutnya kinerja berdasarkan aspek Reponsivitas, merupakan salah satu aspek penting dalam mengukur kinerja sebuah organisasi publik, dan dalam aspek ini juga masih belum optimal yang dimana masih banyak keluhan pada Dinas pariwisata terkait destinasi pariwisatanya yang masih belum direalisasikan secara baik, karena peran masyarakat disini sangat penting juga bagi perkembangan pariwisata Kota Palu. Selanjutnya aspek pada responsibilitas, melihat dari aspek-aspek lainnya yang belum berjalan dengan baik makan aspek ini juga saling berhubungan, karena masih banyaknya program yang masih belum terlaksanakan dengan baik begitu pula dengan aspek akuntabilitas yang masih kurang dalam kebijakannya sebab selama ini hanya bentuk pertanggung jawab hanya melalui Lakip Dinas Pariwisata yang tidak semua orang bisa melihatnya, dalam hal tersebut bisa dikatakan tidak trasparan. Kinerja-kinerja Dinas Pariwisata dilihat dari aspek-aspek yang diteliti yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas, masih banyak kendala atau kekurangan yang belum terlaksanakan. Karena beberapa Aspek dalam penelitian itu masih kurang optimal dan hal ini sangat berpengaruh dalam aspek lainya, sehingga kinerja Dinas Pariwisata tentunya belum bisa dikatakan baik. Karena masih banyak yang harus diperhatikan. Kata Kunci : Kinerja Dinas Pariwisata, Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up