Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Kebijakan Sistem Pembelajaran Daring Dalam Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una
Nama: MOH AKBAR D. SIRANG
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan sistem pembelajaran daring dalam pandemi covid-19 di SMAN 1 Ampana Kota Kabupaten Tojo Una – Una. Dasar penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif dan tipe penelitiaanya adalah deskriptif. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori Van Matter dan Van Horn yang terdiri dari 6 aspek yaitu, standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik organisasi pelaksana, komunikasi antar organisasi dan kegiatan – kegiatan pelaksanaan, sikap para pelaksana, dan lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan dengan aspek, yaitu standar dan sasaran kebijakan, karakteristik organisasi pelaksana dan komunikasi antar organisasi dan kegiatan-kegiatan pelaksanaanya sudah berjalan maksimal tetapi pada aspek, yaitu sumber daya, sikap para pelaksana dan lingkungan ekonomi, sosial dan politik belum maksimal. Adapun faktor yang menyebabkan aspek tersebut belum maksimal adalah : 1) Para guru dan siswa harus beradaptasi dengan mekanisme pembelajaran secara daring yang merupakan hal baru,2) Kendala lainya berupa jaringan yang kurang stabil serta kertersediaan kuota internet secara merata mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran secara daring menjadi kurang maksimal dilaksanakan. Kata kunci : Implementasi kebijakan, Pembelajaran daring, Covid-19

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up