JudulKUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (RUMAH TINGGAL) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALU |
Nama: PUTRI MARIA ULFA |
Tahun: 2021 |
Abstrak PUTRI MARIA ULFA, Stb : B 401 17 144, "Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (Rumah Tinggal) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Di bimbing oleh Nurhannis dan Syamsul Bahri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (Rumah Tinggal) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Teori yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan adalah teori yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono, dimensi kualitas pelayanan meliputi Tangibles, Realibility, Responsiveness, Assurance, Empathy. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan indikator Tangibles, belum memadai dan belum memuaskan masyarakat, Realibility belum maksimal, Responsiveness belum maksimal dan belum memuaskan masyarakat, Assurance belum berjalan dengan baik, Empathy tidak memberikan pelayanan yang memuaskan. Kata kunci : Tangibles, Realibility, Responsiveness, Assurance, Empathy. |