JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELKTRONIK (E-KTP) DI KANTOR KECAMATAN BALESANG TANJUNG KABUPATEN DONGGALA |
Nama: MOH SYAHDAN BASUKI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Syahdan Basuki , B40117114, Judul Penelitian “Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Kependudukan Elektronik (e-KTP) Di Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten donggala”. (Bapak Moh Zain Syamsiah,Dg Masiki Selaku Pembimbing Utama dan Bapak Syamsul Bahri Sebagai Pembimbing Kedua). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Kinerja pemerintah kecamatan dalam pelayanan pembuatan KTP kependudukan di kecamatan balaesang Tanjung kabupaten Donggala.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.informan dalam penelitian ini berjumlah 8 Orang. Data yang terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan data kemudian dianalisis dengan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, Zeithmail, Parasuraman dan Berry yaitu, Ketampakan Fisik, Reabilitas, Responsivitas, Kepastian, Perhatian Pribadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Masih ada tumpang tindih pekerjaan yang terjadi serta masih ada pegawai yang mengerjakan pekerjaan yang bukan bagian dari tupoksi dan tanggung jawabnya. Kualitas kerja yang dicapai dinilai masih kurang optimal. Kurangnya ketegasan pimpinan dalam melakukan tindakan akan mempengaruhi kedisiplinan pegawai. Kreativitas dan Inisiatif yang belum efektif, kurangnya rasa percaya diri untuk menyampaikan dan ada juga yang menyampaikan akan tetapi menunggu diberikan kesempatan untuk menyampaikan. Pengetahuan terhadap pekerjaan, keteguhan dalam pekerjaan dan kehadiran pegawai Kinerja Pemerintah Kecamatan Dalam Pelayanan Pembuatan KTP Kependudukan Di Kecamatan Balaesang Tanjung sudah cukup baik hanya saja masih banyak pegawai yang terlihat datang diluar dari ketentuan jam kerja yang sudah ditentukan, hal ini akan berdampak pada efisiensi kinerja dari kecamatan itu sendiri. Kualitas pribadi yang masih dinilai kurang, ditunjukkan dari sikap keramahtamahan pegawai yang masih menunjukkan sikap belum prima dalam melayani warga hal ini ditunjukkan dari hasil pengakuan warga yang mengeluhkan masih adanya sikap yang kurang prima yang diterima warga. Kata Kunci : Ketampakan Fisik, Reabilitas, Responsivitas, Kepastian, Perhatian Pribadi. |