JudulKualitas Pelayanan Publik Pembuatan Akta Kelahiran Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palu |
Nama: MUH NURFAHMI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nama Muh Nur Fahmi stambuk B 401 17 105 dengan judul skripsi “Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan Akta Kelahiran Di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu”, Dibimbing oleh bapak Nurhannis selaku Pembimbing I dan Bapak Nastainnudin Bollong selaku Pembimbing II. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik yang terkait pembuatan akta kelahiran. Penulis menggunakan teori zeithmal, parasurahman & berry. Metode penulisan yang digunakan penulis ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data informan menggunakan teknik purposive. Jumlah informan pada penulisan ini sebanyak 7 (tujuh) orang informan yaitu Kepala Seksi Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan masyarakat Kota Palu. Walaupun informan menilai bahwa kecepatan aparat dalam memberikan pelayanan sudah baik, hanya ada sebagian kecil yang mengaku bahwa pelayanan pembuatan akta kelahiran belum semaksimal mungkin, tetapi keterlambatan bukan karena faktor yang disengaja melainkan karena faktor yang tidak terduga atau ada aparat yang berhalangan hadir tepat waktu sehingga pelayanan menjadi terhambat. Kata Kunci: wujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati |