JudulKUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN DONGGALA KODI KECAMATAN ULUJADI KOTA PALU |
Nama: RIFKI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rifki B 401 17 100 dengan judul “ Kualitas Pelayanan di Kantor Kelurahan Donggala Kodi Kecamatan Ulujadi Kota Palu”. Di bimbing Moh. Zain Syamsiah (pembimbing I) dan Syamsul Bahari (pembimbing II). Penelitan ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Donggala Kodi Kecamatan Ulujadi Kota Palu, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan di Kantor Kelurahan Donggala Kodi Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan dari Talidzuhu Ndraha, yang terdiri dari empat aspek yaitu kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Dasar penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dalam penentuan informan pada penelitian ini, menggunakan teknik purposive, dengan jumlah informan sebanyak enam orang. Selain itu, teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, peneliti menyimpulkan bahwa Kualiatas Pelayanan di Kantor Kelurahan Donggala Kodi Kecamatan Ulujadi Kota Palu dinilai belum berjalan dengan baik, hal ini didasari oleh empat aspek yang dijadikan acuan dalam penelitian ini, yang dimana terdapat dua aspek yang belum berjalan dengan baik yaitu aspek kecepatan aspek kemudahan. Aspek kecepatan, yaitu petugas pemerintah dituntut untuk melayani dengan cepat kepada masyarakat yang membutuhkan layanan. Aspek kemudahan, yaitu merupakan kemampuan dari aparat pemerintah dalam memberikan komunikasi yang baik dan bisa memenuhi keluhan masyarakat. |