Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KANTOR KELURAHAN PASANGKAYU KABUPATEN PASANGKAYU
Nama: SUPARDI
Tahun: 2022
Abstrak
Supardi B 401 17 099. Dengan judul “Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan elektronik kartu tanda penduduk e-KTP di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu” Dibimbing oleh Hasanuddin selaku pembimbing I dan Sulfitri Husain selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aparat dalam pelayanan e-KTP di Kantor Kelurahan Pasangkayu. Penelitian ini menggunakan teori Agus Dwiyanto yang meliputi 5 (lima) indikator untuk mengukur kinerja aparat yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive dengan jumlah informan 6 (enam) orang, yaitu kepala kelurahan, sekretaris lurah, seksi sosial dan pemberdayaan masyarakat, kepala lingkungan serta masyarakat yang ada di Kelurahan Pasangkayu. Teknik pengumpulan data melalui informan disertai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa kinerja aparatur dalam pelayanan e-KTP dinilai dari kelima indikator dua indikator belum berjalan dengan baik yaitu produktifitas dinilai dari perilaku aparatur yang tidak disiplin, dan kualitas layanan dinilai sarana dan prasarana yang belum memadai dalam proses pelayanan e-KTP. Adapun indikator responsivitas dinilai dari respon atau daya tanggap yang cepat dari aparatur dalam pelayanan sudah berjalan dengan maksimal, indikator responbilitas dinilai dari kesesuaian prosedur dalam pelayanan yang di tunjukan aparatur sudah berjalan dengan maksimal. Sementara akuntabilitas yang dinilai dari tanggung jawab aparatur dalam pelayanan e-KTP adanya kebijakan terhadap masyarakat yang belum sempat melakukan pelayanan e-KTP dapat melakukan pelayanan e-KTP kembali. Kelima indikator tersebut dapat menentukan baik atau tidaknya kinerja aparatur dalam pelayanan e-KTP di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu. Kata Kunci : produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, akuntabiltas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up