JudulPENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN LOLU SELATAN KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU |
Nama: WALDI ALFENS M SABBOK |
Tahun: 2022 |
Abstrak Waldi Alfens M Sabbok, Stambuk B 401 17 085, judul: Penerapan Prinsip Goog Governance Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Dibimbing oleh Muh. Nawawi selaku pembimbing I dan Yunus selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui prinsip Good Governance dalam pelayanan publik di Kantor Kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Informan dalam peneitian ini berjumlah 5 orang. Data yang terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan dan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, menggunakan 2 (dua) indikator yaitu transparansi dan akuntabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik di Kantor Kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Timur Kota Palu, dapat dikategorikan terlaksana cukup baik. Prinsip transparansi Kelurahan Lolu Selatan hasilnya cukup baik karena pemerintah Kelurahan telah terbuka kepada masyarakat baik dalam alokasi anggaran, proses pelayanan maupun pemberian informasi-informasi kepada masyarakat. Sedangkan akuntabilitas yang ada di Kantor kelurahan Lolu Selatan sudah berjalan cukup baik pula, dimana pemerintah sudah bertanggung jawab dalam tindakan dan kebijakannya. Akan tetapi masih ada masyarakat yang beranggapan bahwa pertanggungjawaban keuangan Kelurahan belum sepenuhnya terbuka dan berjalan kurang baik. Kata Kunci : Good Governance dam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Timur Kota Palu |