Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) KOTA PALU
Nama: YOLA FERDIYANA SEPANG
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Yola Ferdiyana Sepang Stambuk B 401 17 078, Dengan Judul “Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Palu” Dibimbing oleh Isbon Pageno (Pembimbing I) dan La Huzen Zuada (Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Palu. Tipe penelitian ini adalah deskriptif sedangkan dasar penelitian bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang. Dalam penelitian ini pemilihan informan diambil secara Purposive. Penelitian ini menggunakan teori Zaithhaml, Parasuraman, dan Berry (dalam Hardiansyah, 2011:46) di mana ada 5 (lima) indikator yang digunakan dalam mengukur Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Palu. Kelima indikator tersebut adalah tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Palu belum maksimal. Berdasarkan 5 (lima) indikator yang digunakan, terdapat 3 (tiga) indikator yang sudah berjalan dengan maksimal yaitu Reliability (kehandalan), ressponsiveness (daya tanggap), dan emphaty (empati). Namun terdapat 2 (dua) indikator yang belum maksimal tangibles (bukti langsung) yaitu kurangnya fasilitas di ruang tunggu, lahan parkir yang kurang memadai, kurangnya loket pengurusan paspor. Assurance (Jaminan) yaitu ketepatan waktu penyelesaian pembuatan paspor. Maka disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Palu belum maksimal. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up