JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS KAMAIPURA KECAMATAN TANAMBULAVA KABUPATEN SIGI |
Nama: FITKA FILA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fitka Fila B 401 17 042, Judul “Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Kamaipura Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi” dibimbing oleh Bapak Moh Zain Syamsiah dan Bapak Syamsul Bahri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Kamaipura Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Deskriptif dan dasar penelitian Kualitatif. Tehknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Pada penelitian ini menggunakan 4 indikator yaitu: Tepat, Cepat, Murah, Ramah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Kamaipura Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi yang meliputi Tepat, Cepat, Murah, Ramah. Dari empat indikator yang sudah berjalan dengan cukup baik adalah Tepat dan Murah, indikator Cepat sudah berjalan dengan cukup baik, tetapi masih ada pegawai yang terlambat datang sehingga memperlambat proses pelayanan, sedangkan indikator Ramah sudah berjalan dengan cukup baik pula, tetapi masih ada juga beberapa pegawai yang belum terbilang ramah terhadap pasien saat memberikan pelayanan. Kata Kunci: Tepat, Cepat, Murah, Ramah |