JudulKUALITAS PELAYANAN DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT TIKKE RAYA KECAMATAN TIKKE RAYA KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: PURNAMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Purnama B 401 17 021, Judul : Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksanaan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat Tikke Raya Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu. (Hasbullah Selaku Pembimbing I dan Nastainuddin Bolong Selaku Pembimbing II) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksanaan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat Tikke Raya Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi/arsip. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dan pemilihan informan di pilih dengan dua cara yaitu Purposive dimana peneliti secara sengaja memilih orang-orang yang dianggap memahami masalah yang diteliti untuk pihak aparat dan kedua Accidental dimana peneliti memilih siapa saja orang yang berhubungan dengan penelitian yang akan diteliti dan ditemui atau dijumpai secara kebetulan dilokasi penelitian untuk pihak dari masyarakat. Pada penelitian ini menggunakan 5 (Lima) indikator, yaitu Tangibles (Bukti Langsung), Reability (Kehandalan), Responsive (Cepat Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menyimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksanaan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat Tikke Raya Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu yang meliputi Tangibles (Bukti Langsung), Reability (Kehandalan), Responsive (Cepat Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Dari lima indikator yang sudah berjalan dengan cukup baik ada 3 yaitu indikator Reability (Kehandalan), Assurance (Jamninan), dan Empathy (Empati). Dan dua indikator yang belum terlaksana dengan baik adalah Tangibles (Bukti Langsung) dan Responsive (Cepat Tanggap) karena seperti Tangibles (Bukti Langsung) itu mengenai sarana dan prasarana yang ada di Pusat kesehatan masyarakat Tikke Raya masih harus ada penambahan sebagai sarana penunjang proses pelayanan yang ada dan Responsive (Cepat Tanggap) harus lebih ditingkatkan lagi kedisiplinan pegawai Puskesmas Tikke Raya. Kata Kunci : Pelayanan dan Kualitas (Tangibles, Reability, Responsive, Assurance, dan Empathy). |