JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS TAOPA KECAMATAN TAOPA KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: PENI PURWATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Peni purwati B 401 16 220, judul “ Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong” di bimbing oleh Sitti Chaeriah Ahsan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Taopa Kecamamatan Taopa kabupaten parigi moutong. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Deskriptif dan dasar penelitian Kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Infornam dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Pada penelitian ini menggunakan 5 (lima) indikator yaitu: Tangibles (Terjangkau), Reability (Handal), Responsiveness (pertanggung jawaban), assurance (jaminan) dan empaty (empati). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Taopa kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong yang meliputi Tangibles (Terjangkau), Reability (Handal), Responsiveness (pertanggung jawaban), assurance (jaminan) dan empaty (empati). Dari lima indikator yang sudah berjalan dengan cukup baik adalah responsiveness, dan empaty, indikator Assurance sudah berjalan dengan baik tetapi masih ada beberapa pegawai yang belum memberikan senyuman terhadap pasien, sedangkan dua indikator yaitu tangibles dan reability belum berjalan dengan baik karena seperti tangibles itu mengenai sarana dan prasarana yang ada di puskesmas taopa masih harus ada penambahan sebagai sarana penunjang proses pelayanan yang ada di Puskesmas Taopa dan masalah reability harus lebih diperhatikan lagi prosedur-prosedur pelayanannya sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi masyarakat dan menciptakan pelayanan yang berkualitas. Kata Kunci: Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, Empaty |