JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PASANGKAYU 1 KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: MUHAMMAD FAISAL |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Faisal, Nomor Stambuk B 401 16 204, Program Studi Ilmu Pemerintah, Judul Skripsi “Kualitas Pelayanan Masayarakat Di Puskesmas Pasangkayu 1 Kabupaten Pasangkayu” Dosen Pembimbing Bapak Dr. Andi Pasinringi, M.Si sebagai pembimbing 1 dan Bapak Syamsul Bahri, S.Sos.M.Sc. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan kesehatan Masyarakat di pusat kesehatan Masyarakat Pasangkayu 1 Kabupaten Pasangkayu, dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Idup Suhady dengan aspek cepat, tepat, murah dan ramah. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data skunder. Data yang telah terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan kemudian data tersebut dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan informan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di pusat Kesehatan Masyarakat Pasangkayu 1 Kabupaten Pasangkayu bahwa dari ke empat aspek yang digunakan sebagai acuan yang digunakan dalam melakukan penelitian bahwa pelayanan di puskesmas Pasangkayu 1 dapat dikatakan beberapa sudah maksimal. Meskipun keramahan dalam pelayanan sudah baik dalam lingkungan masyarakat, akan tetapi, kecepatan pelayanan kesehatan belum sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat, kerena sebagian masyarakat berpendapat dalam kecepatan pelayananya masih kurang cepat, terutama masalah kemurahan masih kurang maksimal sehingga masih ada masyarakat yang masih kurang puas dengan kemurahan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Pasangkayu 1, selain itu puskesmas memberikan biaya administrasi tarif umum kepada masyarakat yang tidak memiliki kartu kesehatan seperti BPJS dan kartu sehat lainya. Kunci Kualitas Pelayanan: Cepat, Tepat, Murah dan Ramah |