JudulPENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CATATAN SIPIL KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN (Studi Kasus Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik) |
Nama: ELFIRAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nama Elfirawati B 401 16 151 Judul “Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Kantor Catatan Sipil Kabupaten Banggai Kepulauan. (studi pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-ktp))”. Di bimbing oleh Ibu Siti Chaeriah Ahsan dan Bapak Syamsul Bahri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik yang terkait dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk. penelitian ini menggunakan teori Taliziduhu Ndaraha, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan model penelitian kualitatif dan penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak tujuah orang. Berdasarkan hasil penelitian ini pelayanan kartu tanda penduduk pada Kantor Catatan Sipil Kabupaten Banggai Kepulauan belum cukup baik. Dilihat dari segi Kecepatan belum cukup baik karena masih ada aparat yang sering datang terlambat. Dilihat dari segi Ketepatan sudah baik dalam pengurusan E-KTP. Dari segi Kemudahan yang dimiliki aparat, yaitu sudah baik dengan cara memberikan informasi kepada masyarakat melalui sosialisasi ditempat-tempat umum seperti dimesjid, atau pembagian brosur ke tiap-tiap desa. Dari segi keadilan belum cukup baik karena aparat nya memilih-milih masyarakat yang dilayani seperti keluarga yang lebih diutamakan. Namun hanya waktu dalam pengurusan yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur. Kata Kunci : Pelayanan Publik E-KTP Kantor Catatan Sipil Kabupaten Banggai Kepulauan. |