JudulPELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN DI PUSKESMAS PALASA |
Nama: ARI SANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Arisandi, Stambuk B40116076. Judul “Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin di Puskesmas Palasa” di bawah bimbingan M. Nur Alamsyah dan Rusmawaty Bte Rusdin Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin di Puskesmas Palasa. Tipe penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan dasar penelitian adalah kualitatif. Pengambilan informan dengan menetapkan 10 orang yang menjadi informan yang teridiri dari pasien/masyarakat miskin 6 orang, Kepala Puskesmas 1 orang, Poli Kesehatan 1 orang, Petugas Loket 1 orang dan Perawat 1 orang. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik analisis data model interatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu Puskesmas Palasa perlu untuk meningkatkan pemberian pelayanan yang cepat, serta pelayanan loket dinilai tidak tanggap dalam melayani pasien dan terkesan membeda-bedakan status pasien ketika melayani. Selain itu fasilitas dinilai masih kurang seperti tidak tersedianya kipas angin di ruang pemeriksaan sehingga terasa panas dan pengap, kondisi ruangan pelayanan dan pemeriksaan terasa sempit karena banyaknya meja, lemari dan kursi. Selain itu tempat parkir dinilai kurang luas yang menyebabkan kendaraan pengunjung harus diparkir di luar pagar Puskesmas/pinggir jalan. Namun dari segi penanganan keluhan pasien sudah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki petugas dan petugas sudah memperhatikan kebutuhan pasien pada saat melakukan pengobatan agar pasien dalam hal ini mendapat penanganan yang tepat dan memuaskan. Pasien menilai petugas Puskesmas tanggap dalam bekerja sama dengan rekan lainnya saat merawat pasien. Proses pelayanan dilakukan dengan menjamin rasa aman dan nyaman, petugas bersikap sopan dalam melayani, serta mampu dalam meningkatkan kepercayaan pasien. Petugas sudah memberikan pelayanan pada pasien dengan tulus ikhlas, peduli, ramah tamah, sopan, serta menjalin komunikasi yang baik dengan pasien agar pasien merasa nyaman dan diperhatikan. Selain itu alat kesehatan yang tersedia di Puskesmas Palasa sudah terbilang lengkap dan penampilan petugas dalam memberi pelayanan sudah memuaskan pasien. Kata Kunci : Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Langsung |