Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KANTOR OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SULAWESI TENGAH
Nama: DARUL AKSA
Tahun: 2020
Abstrak
DARUL AKSA (B 401 16 067), dengan judul “KUALITAS PELAYANAN KANTOR OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SULAWESI TENGAH” di bimbing oleh Bapak ASRIFAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik di kantor Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sulawesi Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, penelusuran dan dokumentasi. Dengan teknik pemilihan informan secara purposive sampling sebanyak 7 orang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori dari salim dan Woodward dengan 4 dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan publik, yaitu Ekonomis, Efesiensi, Efektivitas dan Keadilan. Setelah melakukan penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan Kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dinilai masih belum baik, hal ini didasari dari keempat aspek yang dijadikan acuan dalam penelitian ini yang menurut peneliti terdapat dua aspek diantaranya ialah Efesiensi dan Efektivitas yang masih belum cukup baik. Hal ini dikarenakan beberapa faktor penghambat diantaranya dalam hal penggunaan sumber daya (pegawai) masih belum mencukupi dari segi kuantitas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Sulawesi Tengah, kurangnya anggaran yang diberikan kepada Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah sehingga sulitnya menjangkau daerah-daerah terpencil yang ada di Sulawesi Tengah untuk menyelesaikan kasus atau laporan yang masuk, kurangnya sarana dan prasarana yang ada di kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah. Sedangkan dua aspek lainnya ialah Ekonomis dan Keadilan peneliti menilai sudah berjalan cukup baik. Hal ini didasari dari hasil wawancara peneliti kepada informan dan bukti lapangan yang menunjukkan bahwa dalam proses pelayanannya sudah sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Ekonomis, Efesiensi, Efektivitas, dan Keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up