Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu
Nama: HENDRA GUNAWAN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Hendra Gunawan Stambuk B40116063, Dosen pembimbing bapak Moh. Zain Syamsiah dengan judul Skripsi “Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal Dan pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu.” Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu yang dikaji menggunakan teori Zeithaml Parasuraman berry yang terdiri dari aspek tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Deskriptif dan dasar penelitian Kualitatif. Untuk informan terdiri dari 6 orang, 3 orang dari aparat dan 3 orang dari masyarakat pemohon, dengan penentun informan menggunakan tehnik purposive. Untuk teknik penumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu study kepustakaan dan study lapangan. Dengan tehnik observasi , wawancara, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu sudah dapat dikatakan baik sesuai dengan teori Zeithaml Parasuraman berry. Namun masih ada hal yang perlu dibenahi yaitu pada aspek tangibles dimana ruangan pemberian pelayanan dianggap masih terlalu sempit sehingga menggangu kenyamanan para pemohon serta ruangan pelayanan yang juga dianggap perlu perbaikan sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan menciptakan pelayanan prima sesuai dengan yang cita-citakan. Dan juga pada aspek empathy dimana para pegawai dianggap kurang ramah dalam memberikan pelayanan, karena pada dasarnya keramahan merupakan cerminan dari kualitas pelayanan yang baik. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up