JudulKualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Palu Selatan Kota Palu ( Studi Kasus Elektronik (E-ktp) |
Nama: AYU LARASATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nama AYU LARASATI stambuk B 401 16 032 dengan judul skripsi “Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Palu Selatan Kota Palu ( Studi Kasus Elektronik (E-ktp))”, Di bombing oleh bapak Hasbullah, selaku Pembimbing I dan Bapak Syamsul Bahri selaku Pembimbing II. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik yang terkait dengan program pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E?KTP). Penulis menggunakan teori Taliziduhu Ndraha. Metode penulisan yang di gunakan penulis ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data informan menggunakan teknik purposive. Jumlah informan pada penulisan ini sebanyak 6 (enam) orang informan yaitu Kepala Seksi Pelayanan di Kantor Kecamatan Palu Selatan, dan masyarakat Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Berdasarkan hasil penulisan disimpulkan bahwa, pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Kantor Kecamatan Palu Selatan Kota Palu sudah cukup baik, dilihat dari segi Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan, hasil penulisan yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa secara umum aparat dalam melayani pembuatan E-KTP pada Kantor Kecamatan Palu Selatan relative cepat, tepat, dan jelas dalam memberikan informasi, meskipun terdapat dalam beberapa hal yang perlu dibenahi oleh pihak Camat Palu Selatan. Walaupun informan menilai bahwa kecepatan aparat dalam memberikan pelayanan sudah baik, hanya ada sebagian kecil yang mengaku bahwa pelayanan E-KTP belum semaksimal mungkin, tetapi keterlambatan bukan karena faktor yang disengaja melainkan karena faktor yang tidak terduga atau ada aparat yang berhalangan hadir tepat waktu sehingga pelayanan menjadi terhambat. Kata Kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan |