JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA PALU |
Nama: NURUL ATMA CHIERA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Atma Cierah, No. Stambuk B 401 15 152, dengan judul “Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palu”. Dibawah bimbingan Bapak Sasterio selaku pembimbing I dan Bapak Syamsul Bahri selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu. Penelitian ini menggunakan “dasar penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndraha, dimana ada empat dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan yang diberikan, yaitu Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purpossive, dimana penulis secara sengaja memilih orang-orang yang dipandang mengetahui dan mengerti dengan permasalahan yang akan diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Keluarga di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palu belum berjalan dengan maksimal. Jika menggunakan empat indikator dari Taliziduhu Ndraha menunjukan bahwa tiga indikator diantaranya dikategorikan cukup baik yaitu kecepatan, ketepatan dan kemudahan Masyarakat menganggap bahwa pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu telah memberikan pelayanan yang cukup baik. Hal itu dapat dilihat pada proses pelayanan yang mudah dan tertata rapi. Sementara itu, jika diukur dan dilihat memakai indikator kualitas pelayanan keadilan dikategorikan kurang baik. Masyarakat menganggap bahwa beberapa oknum pegawai masih mengutamakan keluraga dan krabatnya dalam mengurusi pembuatan Kartu Keluarga sehingga dapat menimbulkan kecemburuan terhadap masyarat yang lainnya. Kata Kunci : Pelayanan Kartu Keluarga, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan. |